preloader
Get In Touch
541 Melville Ave, Palo Alto, CA 94301,
ask@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.705.5448
Work Inquiries
work@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.306.6725

Dua Kali DAD, IMM Renaissance FISIP UMM Membuka Kesempatan Seluas-luasnya bagi Mahasiswa yang Ingin Bergabung

IMM Renaissance – Darul Arqam Dasar (DAD) merupakan gerbang awal bagi mahasiswa yang ingin bergabung menjadi kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Sebagai jenjang pertama perkaderan utama, DAD menjadi kunci keberlangsungan kaderisasi dan regenerasi pimpinan, terkhusus di tingkatan komisariat sebagai bagian grassroot dari struktural Ikatan.

Dalam rangka mensukseksan kaderisasi di komisariat, IMM Renaissance FISIP UMM menyelenggarakan dua kali DAD dengan mengangkat tema “Membentuk Kader Ideologis sehingga Memiliki Kesadaran Berorganisasi guna Mewujudkan Tujuan Ikatan”. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa FISIP yang ingin bergabung dengan IMM.

“Kami melaksakan dua kali DAD tidak lain untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa FISIP yang ingin bergabung bersama kami, karena IMM tidak hanya untuk mahasiswa yang berlatar belakang Muhammadiyah saja, tetapi juga bagi seluruh mahasiswa yang ingin belajar dan berproses untuk menjadi lebih baik”, ujar Immawan Ahmad Ashim Muttaqin selaku Ketua Umum IMM Renaissance FISIP UMM Periode 2022/2023.

Terbukti mahasiswa FISIP UMM cukup antusias bergabung menjadi kader IMM. Selama dua kali pelaksanaan DAD, terhitung 40 mahasiswa FISIP telah dikukuhkan menjadi kader IMM Renaissance FISIP UMM. Mereka berasal dari 5 jurusan di FISIP UMM serta terdiri dari beragam angkatan akademik.

DAD IMM Renaissance

Peserta Darul Arqam Dasar 1 IMM Renaissance FISIP

 

Kegiatan DAD yang berlangsung selama 3 hari ini pertama dilaksanakan pada tanggal 7-9 Oktober 2022 di Villa Bukit Tlekung, Kota Batu. Dengan diselimuti udara Kota Batu yang begitu sejuk, DAD 1 secara resmi dibuka oleh Sekretaris Pusat Studi Kewilayahan dan Penangulangan Bencana (PusKa-PB) UMM yang juga Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UMM Kakanda Yana S. Hijri.

“Kader IMM itu harus memiliki kapasitas religiusitas, intelektualitas serta humanitas. Oleh karenanya menjadi kader IMM itu berat. Tapi jika diniatkan dan dijalani dengan sungguh-sungguh, akan menjadi ringan dan terasa besar manfaatnya.” tegas Kakanda Yana S. Hijri yang merupakan alumni IMM Renaissance FISIP kaderisasi tahun 1998.

DAD IMM Renaissance

Peserta Darul Arqam Dasar 2 IMM Renaissance FISIP

Adapun DAD kedua dilaksanakan pada tanggal 28-30 Oktober 2022 di SD Muhammadiyah 1 Malang. Agenda yang berlangsung di Amal Usaha Muhammadiyah dibawah naungan PCM Klojen ini dibuka oleh Kepala Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMM Ayahanda Nashrullah, M.Si. yang sekaligus menjadi pengisi stadium general.

“Kekuatan bernarasi sangat penting di era sekarang. Karena percuma ketika kita memiliki ide besar tetapi di pendam sendiri. Di era digital ini, kader IMM harus mampu membuat konten dengan perspektif sendiri tanpa tergerus zaman, karena hal ini menujukkan bahwa kader IMM benar-benar memiliki visi dan arah yang jelas”, ungkap Kakanda Nashrullah yang merupakan alumni IMM Renaissance FISIP kaderisasi tahun 1993.

Selama DAD berlangung, peserta mendapatkan delapan muatan materi berupa Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Ke-IMM-an, Ke-Renaissance-an, Kepemimpinan dan Keorganisasian, Pengantar Filsafat, Gerakan Mahasiswa serta materi yang langsung disimulasikan yaitu Manajemen Aksi dan Teknik Persidangan. Dengan bergabungnya kader-kader IMM Renaissance FISIP UMM 2022, diharapkan mampu menjadi regenerasi pimpinan serta menyebarkan nilai-nilai dakwah di segala lini kehidupan. (fqh/msqn)

Author avatar
IMM Renaissance

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

We use cookies to give you the best experience.