preloader
IMM Renaissance FISIP UMM
Jl. Mulyojoyo, Dusun Jetak Lor, RT 01/RW 01, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang
Kontak
Email: immfisip.umm@gmail.com
Telepon: +62 831-3005-2439

Idul Fitri, Momen Menyulutkan Semangat Hanif

Salat Idul Fitri begitu khusyuk dilaksanakan di Helipad Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Rabu pagi (5/6). Para jamaah salat Id berdatangan sejak pukul 05.30 WIB menuju Helipad UMM.

Suasana salat Id di kampus putih ini tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Berbagai kalangan warga sekitar kampus turut memadati pun demikian dengan mahasiswa yang tak pulang kampung.

Khutbah disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Malik Fadjar. Ia menyampaikan bahwa di hari kemenangan juga menjadi momen dihapusnya segala dosa juga kembalinya jiwa kepada yang fitrah (suci). “Hal tersebut merupakan suatu nikmatan yang patut disyukuri,” tuturnya.

Sebagai hamba, lanjutnya, sudah seharusnya juga untuk selalu mencanangkan jiwa dan semangat hanif agar tetap berada pada suasana yang jernih. Rasa persaudaraan seperti halnya Islam yang merupakan agama untuk membawa persatuan dan perdamaian.

Dengan semangat hanif atau semangat untuk menolak ajaran yang syirik menurut Islam, Abdul menuturkan agar umat Islam tetap di jalan yang lurus, yaitu dengan berserah diri hanya kepada Allah semata.

Tak kurang dari 10.000 orang mengikuti salat Idul Fitri sesuai dengan penetapan Kementerian Agama bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. (din)

Kontributor: Rio Andhika

Author avatar
IMM Renaissance

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *