preloader
Get In Touch
541 Melville Ave, Palo Alto, CA 94301,
ask@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.705.5448
Work Inquiries
work@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.306.6725

Tadabbur Alam, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Banget Ikut

Periode ini ada agenda baru gagasan bidang Tabligh Kajian Keislaman (TKK) IMM Renaissance. Namanya Tadabbur Alam. Tentu akan ada hal-hal baru yang tak pernah ada di agenda-agenda sebelumnya. Dan inilah lima alasan kenapa kamu nggak seharusnya melewatkan Tadabbur Alam.

Lebih Peka Sama Kondisi Lingkungan Sekitarmu

photo by unsplash.com

Sudah tahu kan beberapa bulan terahir ini ramai isu tentang plastik yang mengganggu bumi? Nah! Di Tadabbur Alam nanti, kamu akan belajar banyak tentang Kapitalisme Lingkungan, Filsafat Lingkungan, Politik Lingkungan dan Islam Memandang Lingkungan dan tentu difasilitatori oleh mereka yang ahli di bidangnya.

Menikmati Indahnya Alam

photo by unsplash.com

Tentu saja, lokasi Tadabbur Alam outdoor. Tepatnya akan diadakan di Coban Talun Kota Batu. Indahnya alam di Coban Talun tak usah diragukan lagi. Setiap jengkal faunanya seolah surga, eeeaaa!

Belajar Menghargai Diri

photo by unsplash.com

Manusia di muka bumi adalah pemimpin seperti firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah Ayat 30-33. Dengan belajar menghargai diri berarti kamu juga akan belajar menghargai tanah yang kami pijak. Keseimbangan ekosistem alam tentu tak lepas dari perilaku manusia. Ketika manusia bisa menghargai dirinya sendiri dengan bersyukur, maka sikap berlebih-lebihan pelahan-lahan akan terminimalisir.

Menjadi Pelopor Pergerakan Mencintai Lingkungan

photo by unsplash.com

Tadabbur Alam akan memantik kamu untuk menjadi pelopor menghargai dan mencintai lingkungan. Segala perubahan dimulai dari diri sendiri, inilah yang disebut pelopor. Dengan memulai segalanya dari diri sendiri, maka orang lain secara langsung maupun tidak langsung akan mencontoh.

Akademisi Islam Berakhlak Mulia

photo by unsplash.com

Sebagai seorang akademisi, kader IMM juga diharapkan menjadi akademisi yang memiliki akhlak mulia. Berahlak mulia tentu saja tidak hanya kepada sesama manusia. Begitupun kepada alam. Mau tak mau, sadar tidak sadar, alam akan berbicara sesuai dengan praktek kita. Bila ketidakpuasan terus menurus diperlihara, tak heran longsor, banjir dan lain sebagainya selalu terjadi.

Itulah lima hal yang kamu lewatkan bila tak mengikuti Tadabbur Alam. So, belajar kepekaan diri kepada kondisi Alam bukanlah tentang aku, kamu atau dia. Namun, kita. Kita yang meninggali bumi ini. Kita juga yang perlu merawat. Praktek kapitalisme, sangat bertentangan dengan islam. Rasulullah bersabda yang maknanya adalah bercukup dalam segalanya. Tidak berlebihan. Maka hal tersebut akan menciptakan keseimbangan. Jangan lupa ya 10 Januari 2019.

Author avatar
Mirza Bareza
http://mirzabareza.com

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.