preloader
Get In Touch
541 Melville Ave, Palo Alto, CA 94301,
ask@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.705.5448
Work Inquiries
work@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.306.6725

IMM Renaissance FISIP UMM Adakan Latihan Instruktur Komisariat (LIK) Demi Perkuat Ujung Tombak Perkaderan

Pembukaan LIK IMM Renaissance di Apple Sun (15/8). (Foto: Shofi/PDD)

Anggun Dalam Moral, Unggul Dalam Intelektual, Radikal Dalam Gerakan. Begitulah slogan dari IMM Renaissance FISIP UMM. Pada Ahad (15/8) pekan lalu, IMM Renaissance FISIP telah menyelenggarakan Latihan Instruktur Komisariat (LIK) yang bertempat di Apple Sun Learning Center, Kota Batu. Program perkaderan khusus ini diadakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksanaan LIK periode ini mengusung tema “Terciptanya Instruktur yang Militan dan Kreatif dalam Membentuk Regenerasi Kader yang Unggul”. Melalui tema ini, bertujuan dapat tercipta instruktur yang mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara militan dan kreatif sehingga  melahirkan regenerasi yang berkualitas guna menopang keberlanjutan nilai Ikatan.

Seperti yang diungkapkan oleh Tri Sulihanto, S.Ikom yang menyatakan bahwa “seni mengkader itu layaknya sentuhlah ia tepat dihatinya, maka ia akan menjadi milikmu selamanya,” ungkapnya sebagai stadium general pada pembukaan acara LIK ini. Karena pada hakikatnya, seorang instruktur adalah ujung tombak perkaderan yang bertanggung jawab dalam mengelola perkaderan.

Agenda yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari angkatan DAD 2019 dan 2020. Untuk memaksimalkan terwujudnya instruktur yang kompeten, maka ditunjang dengan 7 materi yaitu Sistem Perkaderan Muhammadiyah, Sistem Perkaderan Ikatan, Ke-Instrukturan, Manajemen Forum, Strategi dan Taktik Perkaderan, Monitoring dan Evaluasi Perkaderan hingga Manajemen Sumber Daya Kader. Dalam kegiatan ini, para pemateri merupakan kader-kader IMM Renaissance FISIP yang berkompeten dan berpengalaman sebagai instruktur. Hal ini merupakan wujud konkret dari produktivitas perkaderan IMM Renaissance untuk terus mencetak pemateri-pemateri yang berkualitas.

Pada hari terakhir kegiatan disemarakkan dengan adanya Workshop Perkaderan sebagai bentuk latihan dari materi yang telah diberikan. Workshop tersebut menjadi praktik awal calon instruktur dalam melakukan pendampingan, edukasi dan mobilisasi kader baru untuk datang ke agenda komisariat. Instruktur melakukan monitoring dan evaluasi pada proses penjalanan yang dilakukan dan data yang didapatkan, dan juga melakukan pemetaan kader sesuai dengan analisis strength, weakness, opportunity, dan threat.

Keseruan workshop ini terkonfirmasi oleh salah satu peserta LIK, “saat itu (workshop) saya merasa senang dan seru karena mendapatkan banyak hal yang belum pernah didapatkan dan dirasakan sebelumnya. Jadi tau setidaknya gambaran untuk jadi seorang instruktur itu nantinya seperti apa,” ungkap Shofi.

“Semua rangkaian agenda diikuti dengan baik oleh seluruh peserta. Terima kasih kepada para peserta yang sudah mau ditempa dalam LIK ini. Semoga kedepannya, teman-teman instruktur mampu berpraktik tinggi dalam membangun perkaderan di komisariat.” ujar Ilham, ketua bidang Kader IMM Renaissance selaku penanggung jawab pelaksanaan LIK. (Isv)

Author avatar
IMM Renaissance

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.