preloader
Get In Touch
541 Melville Ave, Palo Alto, CA 94301,
ask@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.705.5448
Work Inquiries
work@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.306.6725

Berbagi Tips Kaderisasi, IMM Renaissance FISIP UMM Terima Kunjungan IMM FISIP UMSIDA

Serah terima cindera mata Ketum IMM Renaissance Junon Ode dengan Ketum IMM UMSIDA. (Git)

IMM-RENAISSANCE.OR.ID – Strategi kaderisasi sebaiknya tidak kaku dalam memandang sistem perkaderan yang ada. Prosesnya harus fleksibel, mengimbangi keinginan dan kebutuhan kader, seperti pendekatan-pendekatan kultural bukan formal. Begitu ujar Aditya Suprayatma, Ketua Bidang (Kabid) Kader, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Renaissance Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat sharing dengan IMM FISIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), selasa (20/2).

Hal tersebut dibangun supaya terbangun ikatan yang kuat antar kader. IMM Renaissance melakukan itu , lanjut Adit, sebari mengedukasi dan transformasi nilai-nilai IMM. Istilah seleksi alam dalam perkaderan bukan menjadi pembenar dalam berproses.

“Tanggung jawab pimpinan adalah mengedukasi. Jadi ketika kadernya tidak aktif, itu kesalahan pimpinan,” jelas kader asal Lombok tersebut.

Dalam sharing perkaderan tersebut, IMM FISIP UMSIDA juga berbagi pengalaman dan tips dalam menjalan organisasi. Aktifitas mahasiswa yang beragam terkadang menjadi kendala dalam menjalankan roda organisasi.

Namun dengan adanya sharing tersebut dapat membuka pengetahuan baru tentang perkaderan dan metode-metode perkaderan lainnya. “Jadi roda organisasi dan kaderisasi tetap berjalan dengan baik, meskipun waktu terbagi-bagi,” ujar Adit lagi.

Hal ini menandakan bahwa kader IMM itu mandiri dan memiliki komitmen belajar yang tinggi. Tidak hanya menjalankan proses belajar, tetapi juga proses hidup. Itu semua tak lain karena tertanamnya nilai ideologi dan ikatan yang kuat.

“Kedepannya sharing seperti ini bagus diteruskan karena dapat menambah jaringan juga dari komisariat cabang lainnya,” tutup Adit. (Git)

Author avatar
IMM Renaissance

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.