preloader
Get In Touch
541 Melville Ave, Palo Alto, CA 94301,
ask@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.705.5448
Work Inquiries
work@ohio.clbthemes.com
Ph: +1.831.306.6725

Tips Dapat Beasiswa MSPP Ala Rajih Arraki’!

Doc. Pribadi

Banyak sekali beasiswa yang hadir untuk mewujudkan mimpi pemuda untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Namun untuk mendapatkan beasiswa perlu strategi yang jitu. Pesaingnya bukan hanya satu atau dua, bisa ratusan hingga puluhan ribu.

Dalam rangka memfasilitasi kadernya, Muhammadiyah menyediakan beasiswa bermanakan Muhammadiyah Scholarship Preparation Program (MSPP).  Program ini diberikan kepada kader Muhammadiyah yang ingin melanjutkan studi S2/S3 ke luar negeri.

Salah satu kader Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Renaissance FISIP UMM, Rajih Arraki’ berhasil lolos seleksi beasiswa ini. Bagaimana ia bisa lolos? Berikut wawancara kami dengan mahasiswa lulusan Sosiologi UMM tersebut.

MSPP ini beasiswa apa sih ?

Nama beasiswanya adalah Muhammadiyah Scholarship Preparation Program (MSPP). MSPP ini adalah salah satu wujud Muhammadiyah mewadahi kader-kadernya untuk bisa menggapai mimpi bersekolah di luar negeri. Tentunya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, perlu bahasa inggris yang baik. Muhammadiyah memberikan fasilitas kepada kader-kader terpilih agar bisa secara intens belajar bahasa inggris melalui MSPP ini.

Berapa lama sih program ini berlangsung?

Program ini berlangsung selama tiga bulan. Jadi, peserta terpilih akan dibagi dua, yakni untuk konsentrasi TOEFL akan dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Solo. Sedangkan, untuk yang berkonsentrasi ke IELTS, akan dipusatkan di Pare, Kediri. Nah, setelah tiga bulan tersebut, para peserta sangat dianjurkan sekali melakukan real test. Bagi peserta tes IELTS yang dapat mencapai skor minimum yakni 6,5 maka akan mendapatkan reward.

Rajih tahu beasiswa ini darimana dan susah nggak sih dapat beasiswa ini?

Yaa.. Aku tahu dari temen-temen IMM. Lalu aku coba daftar. Alhamdulillah masuk. Kalau dibilang susah apa tidak ya susah. Karena dari 400 orang, yang diterima cuma 41 orang. Saingannya banyak. Selain itu, track record juga jadi pertimbangan. Seperti keaktifan di Muhammadiyah, penguasaan bahasa asing, rekomendasi dari rektor dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) atau Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM). Begitu, sih.

Fasilitasnya dapat apa aja sih?

Kita dapat biaya kursus full selama tiga bulan. Juga, tunjangan hidup sehari-hari selama tiga bulan. Bahkan, biaya realtest-nya akan diganti oleh Muhammadiyah.

Selain dibiayai full kursus, ada support  lainnya atau tidak terkait apply  beasiswa studi di luar negerinya nanti?

Terkait pendaftaran juga akan disupport.  Misalnya, peserta MSPP membutuhkan surat pengantar, maka Muhammadiyah akan memfasilitasi.

 

Kegiatannya apa saja selama program MSPP?

Jadi, disini kami dikondisikan dalam satu asrama dan juga satu tempat kursus. Kami juga mengondisikan diri untuk selalu sholat berjamaah dan rutin kultum setelahnya.  Intinya saling mengingatkan. Setiap hari Kamis malam pula, kami bersama – sama membaca surat Al-Kahfi dan dilanjut lagi dengan kultum.

Untuk kegiatan kursusnya, kami yang ditempatkan di Pare fokus belajar IELTS. Tapi proses belajarnya berbeda-beda. Tergantung dari kemampuan masing-masing. Namun kami tetap belajar terkait reading, listening, speaking, dan writing yang nanti akan diujikan saat real test IELTS. Kegiatan dimulai sejak 05.30 WIB hingga 16.30 WIB sore,  full untuk kursus itu.  Kemudian sejak selesai Isya’ hingga 20.30 malam kami ada bimbingan khusus bersama tutor-tutor yang sudah ditentukan lembaga. Itu sih kegiatan secara keseluruhannya.

Sesama peserta gimana sih keakrabannya?

Setiap selesai kursus kami selalu sharing dan tentu belajar bersama. Juga, diluar itu kami selalu berbagi pengalaman yang bermanfaat agar menjadi pengetahuan juga bagi yang belum tahu.

Ingin melanjutkan studi dimana setelah lulus dari program ini?

Insyallah ke Inggir – UK, doakan.

Tips dari kamu apa sih buat temen-temen yang belum memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa dan tentunya yang sudah mencoba berkali-kali namun gagal . . . 

Untuk temen-temen yang belum punya keinginan, ayolah, jangan nyaman dengan zonamu. Dunia tak sesempit itu. Luar negeri, tantangan yang menarik buat kamu. Untuk kamu yang susah coba berkali-kali namun gagal terus, semangat. Hidupmu tak berhenti sampai disitu, masih ada besok. OPTIMIS!

Apa sih yang berkesan sejauh ini dalam program MSPP?

Bagiku, pertama yang paling berkesan adalah bisa ketemu dengan orang-orang hebat dari masing-masing daerah, orang-orang yang dipercaya oleh perguruan tinggi masing-masing. Aku juga sangat berkesan, karena aku diberikan kesempatan untuk bisa belajar bersama mereka semua. Mereka orang-orang hebat, dosen-dosen,  expert dibidangnya, sedangkan aku baru saja lulus, aku merasa sangat terhormat aku bisa belajar bersama mereka semua.

Saat pembukaan di jogja juga kemarin! Subhanallah, kaget! Kita dikasih tahu sama panitia, kalau nanti ada Buya Syafi’i Ma’arif mengisi forum. Namun, ada yang lebih mengagetkan, Pak Amien Rais dan Pak Haedar Nashir juga datang. Sontak seisi forum kaget dan tentu senang. Selama ini, aku hanya tahu beliau-beliau dari tulisan dan semua pemikiran-pemikiran hebat bagi negeri. Dan aku gak nyangka bisa bertemu, bertatap wajah. Senang rasanya, jadi tambah semangat.

Terakhir, pesan apa yang ingin disampaikan kepada semua immawan dan immawati?

Jangan sombong dan lalai karena penyakit orang belajar adalah puas diri,  maka perbanyaklah baca buku, diskusi dan banyak berbagi dengan kawan-kawan disekitar kita. Semangat!

(mir)

Author avatar
IMM Renaissance

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.